Anders Breivik tidak akan banding atas vonis pengadilan

Breivik mengakui tindakannya kejam namun diperlukan di Norwegia.

Anders Behring Breivik, yang membunuh 77 orang di Norwegia tahun lalu, mengatakan ia tidak akan banding atas keputusan bersalah jika pengadilan di Oslo menyatakan dirinya tidak mengalami gangguan jiwa.

Breivik mengakui melakukan tindak pidana pembunuhan namun menolak bersalah dengan alasan ia mempertahankan Norwegia dari multikulturalisme.

Ia ingin dinyatakan sehat secara kejiwaan untuk membuktikan bahwa ia memiliki ideologi.

Jika dinyatakan sehat secara mental Breivik akan dimasukkan ke penjara sementara jika dinyatakan gila ia akan dirawat di rumah sakit jiwa.

"Jelas tidak ada alasan untuk mengajukan banding bila saya berdasarkan hukum pidana dinyatakan bertanggung jawab," kata Breivik dalam lanjutan sidang hari Kamis (24/5).

Pemeriksaan kejiwaan
Ia didakwa membunuh 69 orang dengan senjata api di kegiatan kemah pemuda Partai Buruh di Pulau Utoeya pada 22 Juli 2011 dan menewaskan delapan orang dalam ledakan bom di Oslo beberapa jam sebelumnya.

Dua pemeriksaan kejiwaan terhadap Breivik mengeluarkan kesimpulan yang saling bertentangan.

Yang pertama menyatakan Breivik menderia paranoid schizophrenia dan tidak bisa menjalani proses hukum.

Pemeriksaan kedua sementara itu menyatakannya sehat secara mental dan bisa dimintai pertanggungjawaban.

Jika dinyatakan bersalah ia bisa divonis hukuman penjara 21 tahun.

Breivik mengatakan tindakannya kejam namun diperlukan untuk menghentikan eksperimen multikultural Partai Buruh yang berkuasa dan invasi Muslim ke Norwegia dan Eropa.

(bbc/bbc)

http://news.detik.com/read/2012/05/2...ilan?881101934

wow..

Breivik mengatakan tindakannya kejam namun diperlukan untuk menghentikan eksperimen multikultural Partai Buruh yang berkuasa dan invasi Muslim ke Norwegia dan Eropa.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...