Cara Merawat Layar Monitor LCD

Cara Merawat Layar Monitor LCD
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Lcdmonitor.jpg
Cara Merawat Layar Monitor LCD. Layar LCD sekarang bukan barang mewah lagi. Jika dulu hanya beberapa orang yang bisa memilikinya karena masalah harga. Sekarang dengan uang satu jutaan saja kita bisa memilikinya. Namun dengan memilikinya siapapun pasti bisa. Tapi bagaimana cara merawatnya agar layar monitor LCD tersebut lebih awet. Karena ternyata layar monitor ini jauh lebih susah perawatannya dibandingkan dengan layar monitor CRT.

Untuk pengertian Layar Monitor LCD sendiri menurut Wikipedia. Penampil Kristal Cair (Inggris: liquid crystal display; LCD) adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer. Kini LCD mendominasi jenis tampilan untuk komputer meja maupun notebook karena membutuhkan daya listrik yang rendah, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas, dan memiliki resolusi tinggi.

Berikut ini merupakan tips ringan dari Saku Wae tentang Cara Merawat Layar Monitor LCD:
  1. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Itu jelas karena bisa saja layar anda dibanting atau tersenggol tanpa sengaja.
  2. Jauhkan dari sinar matahari secara langsung.
  3. Hindari menyentuh layar LCD secara langsung apalagi menggunakan benda tajam.
  4. Selalu matikan secara penuh (Power Off dan lepas stop kontak) jika lama tidak digunakan.
  5. Jangan menekan permukaan layar monitor LCD saat dibersihkan.
  6. Hati-hati penggunaan cairan pembersih. Apalagi sampai menggunakan cairan yang mengandung amoniak atau pun alkohol. Gunakan cairan pembersih yang sudah direkomendasikan.
  7. Berikan tempat ruang yang cukup agar ventilasi layar monitor anda mendapat udara yang cukup agar panas layar monitor LCD anda tetap terjaga.
  8. Hindari membersihkan layar monitor LCD anda menggunakan kain yang kasar.
  9. Letakan layar monitor pada posisi yang baik. Jangan sampai diletakan pada tempat yang miring atau berkemungkinan besar akan terjatuh.
  10. Jika memungkinkan berikan lapisan kaca saat anda baru membelinya. Selain sedikit terhindar dari sentuhan langsung. Hal ini akan mencegah debu atau kotoran terkena pada permukaan layar monitor LCD anda.
Itulah beberapa tips ringan tentang Cara Merawat Layar Monitor LCD. Tips paling dasar adalah selalu ikuti petunjuk penggunaan sesuai buku petunjuk. Semoga artikel tentang Cara Merawat Layar Monitor LCD ini bermanfaat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...