[Ekonomi]Produsen Makanan Akan Naikkan Harga 5 Persen


TEMPO.CO, Jakarta -Kenaikan harga jual gas oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk akan membuat harga sebagian produk makanan dan minuman naik sekitar 5 persen. Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Franky Sibarani mengatakan kenaikan tak akan terjadi pada seluruh produk.

Franky mengatakan tak seluruh industri terpengaruh kenaikan harga gas untuk wilayah Jawa Barat. Di wilayah tersebut ada 61 pabrik makanan dan minuman yang akan mengalami kenaikan biaya operasional karena kenaikan harga gas. "Tetapi mereka ini pabrik menengah dan besar," kata Franky ketika dihubungi Tempo, Rabu, 23 Mei 2012.

Meskipun tak banyak anggotanya yang terkena dampak, Franky mengatakan pihaknya menolak kenaikan harga yang cukup tinggi ini. Soalnya, layanan yang diberikan oleh perusahaan pelat merah ini tak kunjung membaik.

Franky mencontohkan pada 2011, pasokan gas dari PGN yang minim menyebabkan kapasitas pabrik hanya bisa terpakai 73 persen hingga 75 persen. Tahun ini pasokan gas kembali turun sehingga kapasitas terpakai tinggal sekitar 65 persen. "Tahun ini ada penurunan pasokan di beberapa pabrik. Layanan tidak memuaskan tapi menaikkan harga," kata Franky.
---------------------------
Ikat pinggang lagi neh....:capedes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...