Ini dia penerima Maarif Award 2012

[imagetag]

Jakarta (ANTARA News) - Charles Patrick Burrows, OMI dan Ahmad Bahruddin menjadi dua nama penerima penghargaan Maarif Award 2012 yang diumumkan di Studio Metro TV, Jakarta, Sabtu malam.

Charles Patrick Burrrows yang akrab disapa Romo Carolus adalah pastor Paroki St. Stephanus Cilacap, kelahiran Irlandia yang memberdayakan masyarakat Kampung Laut Cilacap sehingga keluar dari jurang kemiskinan.

Sedangkan Ahmad Bahrudin adalah pendiri komunitas petani di Salatiga yang menjadi tempat bertukar ilmu di antara para petani itu.

Pendiri Maarif Award, Syafii Maarif, menyatakan pilihan terhadap kedua orang tersebut sangat tepat dan luar biasa.

"Saya nggak banyak komentar lagi setelah mengetahui mereka pemenang. Mereka beragama secara otentik," kata dia.

Maarif Award adalah ajang penghargaan untuk mencari tokoh lokal yang tidak dimuat media tetapi berkontribusi nyata tanpa melihat latar belakang agama dan sukunya.

Salah seorang dari lima juri Maarif Award Ahmad Mukhlis Yusuf yang juga Direktur Utama Perum LKBN ANTARA menuturkan bahwa proses penjaringan nomini memakan waktu lima bulan dengan perdebatan panjang.

"Kedua sosok ini telah berhasil merintis dan membangun karya kemanusiaan yang bersenyawa dengan realitas sosiologis masyarakatnya," kata dia ketika membacakan pemenang Maarif Award.

Juri lainnya adalah Bambang Ismawan (Dewan Pembina Yayasan Bina Swadaya), Clara Joewono (Wakil Ketua Dewan Pembina CSIS), Haedar Nashir (Ketua PP Muhammadiyah), dan Maria Hartiningsih (Aktivis perempuan dan jurnalis senior).

Maarif Award ini adalah yang keempat setelah 2007, 2008, dan 2010. Adapun tujuannya mencari model alternatif kepemimpinan lokal yang konsisten menanamkan dan melembagakan nilai toleransi, pluralisme, dan keadilan sosial pada masyarakat serta memperkuat optimisme masa depan keindonesiaan.

Editor: Jafar M Sidik

http://www.antaranews.com/berita/312...rif-award-2012

ternyata bule ada juga yang peduli sama Indonesia :shakehand
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...