Iran Izinkan IAEA Selesaikan Masalah Nuklir Jika Mengikuti Aturan Iran

Quote:

Sindonews.com - Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Yukiya Amano, mengatakan pihaknya telah membuat sebuah kesepakatan penting dengan Iran. IAEA sepakat untuk menyelesaikan masalah nuklir Iran.

"Pembicaraan tersebut menghasilkan sebuah perkembangan penting yang telah kami capai secara terstruktur sejak kami mulai bekerja untuk menyelesaikan masalah nuklir Iran," ungkap Amano seperti diberitakan dalam Xinhuanet, Rabu (23/5/2012).

Amano telah melakukan kunjungan ke Iran pada Selasa (22/5) untuk merundingkan masalah nuklir Iran dengan negosiator nuklir Iran, Saeed Jalili. Dari pertemuan tersebut, IAEA mendapatkan izin untuk memasuki situs pengayaan nuklir.

''Kami juga mendapatkan izin untuk melihat beberapa dokumen penting milik Iran. Masih ada beberapa perbedaan pendapat, namun sejuah ini Jalili bekerjasama menyingkirkan semua penghalang demi mencapai kesepakatan," tutur Amano

Dalam perundingan, baik Iran maupun IAEA saling memahami posisi masing-masing. Sikap ini akan sangat membantu mendorong menciptakan penyelesaian masalah nuklir Iran. "Kami harus terus membuat kemajuan."

Salah satu masalah penting yang dibicarakan oleh IAEA dengan Iran adalah meminta izin untuk memasuki situs militer Iran di Parchin, Iran bagian tenggara. IAEA telah menerima laporan bahwa Iran telah menguji coba bahan peledak yang bisa digunakan untuk menonaktifkan senjata nuklir.

Namun, Iran menyangkal laporan tersebut. Mereka akan memberikan izin kepada IAEA jika IAEA mengikuti aturan dan ketentuan Iran.
Sudah sepatutnya IAEA menghormati Iran.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...