Ke Jerman, 11 Anggota DPR Habiskan Rp1 M

Itu untuk biaya transportasi, pajak dan per diem untuk masing-masing anggota DPR
Senin, 7 Mei 2012, 17:02 WIB
Arfi Bambani Amri, Nur Eka Sukmawati
Anggota DPR tertangkap kamera sedang berbelanja di Berlin, Jerman (PPI Berlin)

VIVAnews - Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Demokrat, Hayono Isman, menegaskan bahwa 11 anggota Komisi I DPR yang melakukan kunjungan kerja ke Jerman pada 22-26 April 2012 lalu dengan membawa serta pendampingnya, sepenuhnya menggunakan anggaran pribadi, bukan anggaran negara.

Selama 5 hari kunjungan kerja ke Jerman tersebut, Komisi I menghabiskan dana sebesar US$ 114.873 atau jika memakai patokan US$1 adalah Rp9.000, maka total lebih dari Rp1 miliar. Rinciannya sebagai berikut, transportasi dan pajak untuk 11 orang total US$80.762, dan per diem 11 orang total US$34.111.

"Saya yakin itu sepenuhnya tidak menggunakan uang negara. Tapi silakan dilihat kepada siapapun, kepada LSM, termasuk Fitra meneliti, apakah menggunakan dana pribadi atau tidak. Kalau ada temuan, silakan sampaikan ke saya, siapa salah ditindak," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 7 Mei 2012.

Hayono mengaku memanfaatkan masa reses dengan mendampingi istrinya ke London, sekaligus untuk mengurus flat miliknya. "Kami punya flat di sana yang sampai hari ini kami masih mencicil ke bank di Inggris. Kami membayar sendiri, tidak sepeser pun menggunakan uang negara," katanya.

Kritik PPI
Hayono memaklumi jika Persatuan Pelajar Indonesia yang di Berlin marah dengan Komisi I DPR. Namun informasi bagaimana dan apa kunjungan kerja Komisi I di Jerman belum mereka terima.

Komisi I DPR belum sempat menjelaskan kepada PPI Jerman, karena mereka langsung walk out dari ruangan.

"Sikap kritis itu memang sebaiknya disampaikan dengan informasi yang akurat dan rasional. Sayangnya pada saat kami ramah tamah, silaturahmi dengan warga Indonesia di KBRI, kami tidak sempat dialog karena saat teman-teman PPI Jerman itu menyampaikan pernyataan menolak kunjungan Komisi I, mereka langsung walk out, sehingga tidak sempat menerima penjelasan dari kunjungan kerja Komisi I DPR RI," katanya. (eh)

http://politik.vivanews.com/news/rea...habiskan-rp1-m
==================
Trus hasil dari kunjungan kerja senilai 1 M itu apa ya, laporan nya gak pernah di publikasi kan dari hasil kunjungan tsb.

Sakarob13 07 May, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...