Tentang Google Adsense

Tentang Google Adsense
Kupon untuk Google Adwords. Bukan cek gan :D
Tentang Google Adsense. Semua yang akan aku tuliskan di sini berdasarkan pengalaman pribadi serta sumber terpercaya dari Wikipedia. Jika Anda (Webmaster) merasa ada yang salah mohon untuk diklarifikasi. Google Adsense adalah suatu layanan dari Google yang memungkinkan seseorang untuk menjadi publisher dan mendapatkan penghasilan dari layanan Google tersebut. Dari sini tiap orang yang memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh Google dapat memasang script iklan di situs mereka (Bagi pemilik situs) dan jika saja ada yang melakukan klik pada iklan yang muncul dari script Google Adsense maka publisher akan mendapatkan penghasilan berupa dollar. Besar kecilnya penghasilan di sini sangat penting bahkan bisa membuat seseorang kaya mendadak. Tapi semuanya juga tergantung dari jumlah pengunjung serta HPK atau High Paying Keyword yang mungkin dipakai oleh suatu situs.

Google Adsense saat ini menjadi yang terfavorit sebagai bisnis online untuk para blogger. Bukan hanya blogger dari Indonesia saja melainkan bisa jadi seluruh blogger di dunia. Alasannya mungkin sederhana yaitu pemakaian yang mudah serta optimasi yang masih mungkin bisa dilakukan oleh blogger newbie sekalipun. Namun saya tidak bilang bahwa Google Adsense adalah program yang mudah untuk cepat kaya lho. Ntar aku jelaskan alasannya.

Untuk bisa menggunakan Google Adsense, seseorang diwajibkan untuk mendaftarkan blog atau situs mereka (Wajib). Kecuali untuk beberapa publisher yang memang memakai layanan pihak ketiga untuk mendaftar ke Google Adsense. Jika anda sudah memiliki situs dengan optimasi yang baik serta konten yang berkualitas maka jangan ragu untuk mendaftarkan diri ke Google Adsense.

Untuk masalah pendaftaran sendiri banyak sekali publisher yang ditolak dikarenakan banyak hal. Beberapa hal tersebut dapat meliputi bahasa konten, navigasi yang kurang memudahkan pengguna serta persyaratan lain yang sudah ditetapkan pihak Google. Namun jangan takut, ketika kita ditolak oleh Google Adsense. Kita masih tetap memiliki kesempatan untuk menjadi seorang publisher. Kita bisa mendaftar ulang dan terus menerus. Namun biasanya satu blog yang pernah ditolak Google akan sulit untuk diterima. Jadi anda harus membuat blog kembali atau menggunakan pihak ketiga untuk mendaftar.

Google Adsense sendiri memiliki harga unik di tiap klik yang dihasilkan publisher. Hal ini biasanya disebut HPK (High Paying Keyword). Beberapa hal yang menjadi alasan besar kecilnya dollar dari Adsense bisa disebabkan oleh pemasang iklan itu sendiri. Terkadang ada klik yang bisa sampai $5 lebih per kliknya. Bahkan dulu katanya bisa segede gajah. Tapi aku sendiri belum pernah menemui secara langsung. Rata-rata klik yang aku dapatkan hanya sekitar $1 saja.

Untuk besar kecilnya penghasilan yang anda dapatkan dapat diukur dari banyak sedikitnya pengunjung yang datang ke situs atau blog anda. Semakin ramai suatu blog maka semakin besar juga penghasilan anda. Anggap saja hukum rata-rata. Pengunjung banyak maka semakin besar juga kemungkinan yang klik iklan di situs atau blog anda.

Pembayaran dari Google Adsense sendiri bisa dilakukan melalui cek serta Western Union. Kalau aku sendiri baru mencoba lewat WU karena lebih simple. Penghasilan nggak besar kok gan. Hanya sekitar 900an ribu saja dulu. Karena dollar jadi ntar dipengaruhi juga oleh kurs dollar.

Google Adsense bukanlah langkah cepat untuk kaya. Saya sendiri sudah merasakan sulitnya mendapatkan pengunjung ke blog atau situs kita. Untuk blog Indonesia kita masih bisa berusaha namun untuk blog dengan bahasa inggris untuk memperoleh pengunjung nggak segampang itu. Kita harus menguasai SEO, penulisan konten yang baik, kesabaran serta tidak lupa dengan doa. Masih mau untuk terjun ke Google Adsense?

Agar lebih mengenal tentang Google Adsense. Anda bisa membaca beberapa penjelasan lengkap di bawah ini:
Publisher

Publisher atau penayang iklan adalah orang atau pemilik situs web yang sudah terdaftar atau sudah disetujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense di situs mereka. Publisher yang menayangkan iklan google disebut publisher google adsense. Sebelumnya publisher google adsense harus mendaftar dulu ke Google Adsense dan baru bisa menayangkan iklan google di situs web mereka setelah aplikasi disetujui. Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan memiliki satu akun google adsense, namun mereka diperbolehkan memasang iklan google di semua situs mereka yang memenuhi persyaratan program google adsense.

Ad Units Yang dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan beberapa ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.

Link Units Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.

AdSense for Content 

AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.

Alternate Ads Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.

Channels 

Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.

Page Impressions 

Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan. Clicks Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channelnya.

CTR (Clickthrough Rate) 

CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).

CPC (Cost Per Click) 

CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.

eCPM (Effective CPM) 

eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).

Kebijakan program AdSense Meski program AdSense memberikan keuntungan yang besar, Google menetapkan aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji pemilik situs anggota program AdSense.

  • Beberapa larangan Google yang harus ditaati pemilik situs web atau blog peserta program AdSense adalah: Mengklik iklan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusus
  • Dengan sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata “klik iklan ini” atau “kunjungi halaman ini”
  • Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google
  • Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian
  • Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan Kata Kunci tertentu
  • Memanipulasi target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME
  • Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web tanpa perubahan.
  • Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode AdSense dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan.

Optimisasi Penghasilan AdSense 

Potensi keuntungan mengikuti program AdSense membuat banyak pemilik situs web mengembangkan berbagai metode untuk meningkatkan jumlah klik pada iklan yang mereka tayangkan. Sebagian metode terbukti ilegal dan melawan kebijakan resmi program AdSense. Metode yang lain diperbolehkan, bahkan didorong penggunaannya oleh Google. Beberapa metode yang dianggap sah adalah:
  • Memodifikasi warna unit iklan menggunakan palet warna yang disediakan AdSense
  • Meletakkan unit iklan pada posisi tertentu pada halaman web yang dianggap memiliki tingkat keterbacaan tinggi
  • Menghilangkan garis tepi unit iklan dan menyamakan warna latarnya dengan warna latar halaman web sehingga unit iklan terlihat membaur dengan isi halaman

Banned Google AdSense 

Banned google adsense adalah sebuah larangan menampilkan iklan google di situs web publisher, dimana sangsi ini dijatuhkan oleh google adsense bagi publisher yang melanggar kebijakan program. Banned google ada beberapa macam, pertama iklan dinonaktifkan sehingga iklan tidak bisa tampil pada salah satu halaman tertentu yang dianggap melanggar kebijakan program. Kemudian situs dinonaktifkan sehingga situs web tidak bisa menampilkan iklan di semua halamannya. Dan yang terakhir adalah akun adsense dinonaktifkan, ini adalah hukuman bagi pelanggaran berat sehingga publisher tidak bisa lagi menampilkan iklan di semua situs web miliknya dan tidak diperbolehkan lagi mendaftar di google adsense secara permanen. 

Itulah beberapa hal mengenai Google Adsense. Ada baiknya anda yang ingin mencoba peruntungan dengan Google Adsense untuk mengetahui sedikit tentang Adsense. Sebenarnya nggak ada yang rumit. Intin Google Adsense hanya daftar-diterima-dioptimasi-penghasilan. Namun prosesnya bisa sangat lama bahkan bisa sampai putus asa namun jika mendapat ridho dari Allah mungkin baru sebentar saja anda bisa jadi kaya. Tinggal Usaha, Pantang Menyerah dan Do'a. Semoga berhasil dan tentunya semoga artikel Tentang Google Adsense ini bermanfaat bagi anda.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...