Hati-hati Milih Bank. 13 Bank Berpotensi Diakuisisi

Semoga informasi ini bisa membuat kita kian bijak dalam memilih bank


Peraturan baru tentang pembatasan kepemilikan saham perbankan yang tengah direncanakan Bank Indonesia, memberi peluang kepada bank BUMN untuk mengakuisisi bank-bank bermodal kecil. Lin Che Wei selaku analis keuangan KATADATA menjelaskan, akuisisi adalah solusi cepat bagi bank pemerintah dalam mendorong pertumbuhan sektor perbankan dibanding mengandalkan pertumbuhan internalnya.

Setidaknya terdapat 13 bank, dalam riset KATADATA, yang berpotensi terakuisisi dikarenakan keterbatasan modal yang membuat bank-bank tersebut sulit menghadapi persaingan industri perbankan yang kian sengit. Ketiga belas bank dalam riset KATADATA tersebut adalah :

- Bank Antardaerah.
- Bank Artha Graha Internasional.
- Bank Mutiara.
- Anglomas Internasional Bank.
- Bank Kesejahteraan Ekonomi.
- Bank Mayora.
- Bank Multi Arta Sentosa.
- Bank Pundi Indonesia.
- Bank Sahabat Sampoerna.
- Bank Victoria Internasional.
- Bank Yudha Bhakti.
- Prima Master Bank.
- Bank DKI.

Ketiga belas bank tersebut didapatkan dalam riset yang dilakukan terhadap 65 bank dengan aset di bawah Rp 50 triliun, menggunakan beberapa faktor penilaian. Tingkat kesehatan dan kinerja bank dinilai berdasarkan faktor modal, aset, manajemen, pendapatan, dan likuiditas. KATADATA juga menggunakan indikator CASA (cash account saving account) untuk mengukur kemampuan bank dalam menghimpun dana murah dari nasabah.

Lin mengungkapkan, ke-13 bank-bank kecil ini menguasai 20% pangsa pasar, maka akuisisi oleh bank BUMN dapat meningkatkan aset dan penyaluran kredit bank BUMN. Bank BUMN yang berpotensi melakukan akuisisi ini adalah bank yang memiliki rasio kelayakan modal (CAR) yang tinggi dan RoE (return of equity) yang besar seperti Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BNI.

RUJUKAN
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...