Jokowi Dituding Khianati Warga Solo

Quote:

TEMPO.CO, Surakarta - Keunggulan Joko Widodo dalam penghitungan cepat pemilihan kepala daerah Jakarta tidak disambut gembira semua pihak. Ada pihak yang menilai langkah Jokowi-sapaan karib Joko Widodo-- sebagai bentuk pengkhianatan atas aspirasi masyarakat Solo.

"Masyarakat Solo pada pilkada 2010 sudah menjatuhkan pilihan kepada Jokowi untuk memimpin Solo hingga 2015. Tapi sekarang malah maju ke Jakarta," kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Surakarta, Supriyanto kepada Tempo, Kamis, 12 Juli 2012.

Pada pilkada Solo 2010, Jokowi mendapat 91 persen suara. Berarti mayoritas masyarakat Solo mempercayakan kepemimpinan Solo kepada Jokowi. "Kalau sekarang maju jadi Gubernur Jakarta, berarti Jokowi sudah melanggar sumpah jabatan saat dilantik dan mengkhianati kepercayaan rakyat," ucapnya.

Politikus Partai Demokrat ini mengatakan secara etika langkah Jokowi di atas tidak dapat dibenarkan. Apalagi keputusannya untuk bertarung di pilkada Jakarta lebih karena keinginan pribadi dan bukan tugas negara.

Meskipun Jokowi unggul di putaran pertama, dia menilai belum tentu akan menang di putaran kedua. "Belum tentu menang. Lihat nanti hasil putaran kedua seperti apa," katanya.

Mendapat kritik macam itu, Jokowi tidak ambil pusing. Keputusan mengikuti pilkada Jakarta, kata dia, sudah melalui pertimbangan matang. Lagipula, "Masyarakat Solo mendukung saya di Pilkada Jakarta," ujarnya.

Begitu juga yang disampaikan Jumadi, ketua paguyuban pedagang pasar Gede. Dia justru bangga jika akhirnya Jokowi terpilih sebagai Gubernur Jakarta. "Biar masyarakat Jakarta bisa merasakan kepemimpinan Jokowi seperti yang kami rasakan di Solo," katanya.

Menurutnya, selama 7 tahun dipimpin Jokowi, dia merasa Solo menjadi kota yang aman, nyaman dan harmonis. Para pedagang juga diperlakukan dengan baik dan tidak ada pengusiran atau penertiban pedagang dengan kekerasan.

"Kalau dibilang susah, ya kami susah karena akan ditinggal Jokowi. Tapi buat kami tidak masalah," ujarnya seraya berharap pengganti Jokowi dapat memimpin Solo sama baiknya.
Jokowi sebaiknya mengurus Solo saja.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...