Mahasiswa UGM Kembangkan Peta bagi Tunanetra

YOGYAKARTA--MICOM: Peta tidak hanya dibutuhkan oleh mereka yang bisa melihat. Keberadaan sebuah peta semestinya juga bisa dimanfaatkan kaum tunanetra. Hal itulah yang mendorong Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan peta raba yang dilengkapi huruf Braille.

Adalah lima mahasiswa dari Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh, Fakultas Geografi UGM yang menyosialisasikan dan mengembangkan peta taktual yang telah dibuat sebelumnya kakak angkatan mereka, Ika Noormuslichah.

Kelima mahasiswa itu ialah Lintang Galih Sukma, Fedhi Astuti Hartoyo, Erna Noor Indah Sari, Sigit Nur Iman Wibowo, dan Imron Rosyadi. Mereka mengembangkan ide dan gagasan melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk bidang pengabdian masyarakat. Saat ini sudah tersedia peta taktual Kota Yogyakarta.

"Peta taktual Kota Yogyakarta yang sudah ada. Ini kami bantu sosialisasikan kepada penyandang tunanetra karena selama ini kebanyakan mereka selalu ditemani ketika beraktivitas atau bepergian," papar Lintang, Rabu (4/7).

Ia menuturkan ide awal pengembangan serta pemanfaatan peta taktual itu dilandasi kebutuhan penyandang tunanetra dalam bernavigasi sehingga membutuhkan pemahaman spasial yang bagus.

Langkah yang telah mereka lakukan adalah pengenalan dan membantu
penyandang tunanetra terkait masalah spasial, seperti posisi mereka
berada dan akan ke mana mereka pergi melalui peta taktual.

"Dengan keterbatasan indera penglihatan kita coba membantu menguatkan
fungsi pendengaran dan ingatan mereka," kata Lintang.

Sosialisasi peta taktual telah dilakukan dan diujicobakan kepada sepuluh penyandang tunanetra yang tergabung dalam anggota Pertuni (Persatuan Tunanetra Indonesia) cabang Sleman. Peta taktual tersebut lebih detail berisi informasi tentang Kota Yogyakarta.

"Kalau yang lain petanya lebih umum, seperti peta Pulau Jawa atau peta Indonesia. Sedangkan yang ini detail Yogya, misalnya posisi Malioboro atau Tugu dan posisi lain," papar mahasiswa Fakultas Geografi angkatan 2008 itu.

Selain pengembangan peta untuk tunanetra, mahasiswa UGM juga
mengembangkan peralatan yang disebut blind sonar. Alat ini bisa sebagai alat bantu berjalan pengganti tongkat.

Blind sonar ini dikembangkan oleh empat mahasiswa Jurusan Teknik Elektro. Kelima mahasiswa itu ialah Apri Setiawan, Indra Darmawan Budi, Sugiarto, dan Anam Bahrul Ulum.

Alat yang dikembangkan ini cukup sederhana, lebih ramping jika dibandingkan dengan tongkat dan juga praktis. Menurut Apri, prinsip kerja blind sonar adalah membantu penyandang tunanetra dalam beraktivitas khususnya ketika berjalan.

"Prinsipnya membantu berjalan karena alat ini dilengkapi sensor. Sensor akan bergetar ketika dekat dengan barang atau orang dalam jarak sekitar satu meter," kata Apri. http://www.mediaindonesia.com/read/2...bagi-Tunanetra

Peta Taktual, Kompas buat Mereka yang Tak Melihat

Quote:

Nasional / Kamis, 5 Juli 2012 12:08 WIB

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan peta taktual khusus tunanetra. Peta berfungsi membantu orang yang tak bisa melihat mengetahui orientasi mobilitasnya dengan cepat. Mereka cukup menyentuh peta untuk membacanya.

Tahap awal peta yang dibuat adalah peta Yogyakarta. Peta berskala 1:10.000 itu juga dilengkapi simbol-simbol tertentu yang mewakili jalan, sungai, jembatan, gereja, dan masjid.

Namun, simbol yang ada dalam peta belum punya standar. Soalnya sampai sekarang juga belum ada pegangan baku peta bagi tunanetra.

Selain peta utama, peta taktual ini juga dilengkapi dengan "alat navigasi" yang membagi enam wilayah Kota Gudeg dengan detail. Ini untuk memudahkan pengguna memilih wilayah mana yang bakal mereka telusuri.

Lintang Sukma, salah satu tentor peta taktual khusus tunanetra berharap, para tunanetra bisa mengenal apa saja yang ada di sekitarnya. Ia juga berharap peta ini bisa membantu mempermudah mobilitas para tunanetra.

Mahasiswa berharap, akan muncul lebih banyak lagi peta-peta taktual dengan berbagai kota yang lebih lengkap.(Agus Utantoro/***) http://www.metrotvnews.com/metromain...ng-Tak-Melihat
:iloveindonesias mantap nih mahasiswa, gitu donk, jangan cuma bisanya demo doang yang kadang demo tsbt menimbulkan sikap tidak simpatik para pengguna jalan lainnya :iloveindonesias
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...