terowongan pemasok narkoba ditemukan di AS

http://international.okezone.com/rea...itemukan-di-as

gelo kayaak di jemsbon....


PHOENIX - Dua terowongan yang digunakan untuk menyelundupkan narkoba ditemukan di perbatasan Amerika Serika (AS) dengan Meksiko. Temuan ini menandakan pihak kartel membangun jalan rahasia untuk memasikan obat-obatan terlarang mereka dari Meksiko ke AS.

Kedua terowongan ini diperkirakan memilik panjang hingga 137,1 meter. Satu terowongan ditemukan berada di bawah kamar mandi sebuah gudang di Tijuana. Tetapi terowongan tersebut masih belum selesai dan belum melintasi perbatasan ke San Diego, California. Militer Meksiko ditemukan pada Rabu 11 Juli lalu.

Sementara terowongan yang lain belum rampung diselesaikan dan ditemukan pekan lalu di depan sebuah pusat perbelanjaan di San Luis, Arizona. Dari desain terowongan ini diketahui, yang mengerjakannya bukanlah pekerja tambang pada umumnya.

"Dilihat dari desainnya, terowongan ini lebih rumah dan bukan dikerjakan oleh pekerja tambang. Diperlukan seseorang yang memiliki kemampuan teknis untuk merancangnyal," ujar agen khusus Drug Enforcemen Administration (DEA) Douglas Coleman, seperti dikutip Associated Press, Jumat (13/7/2012).

Sejak pihak berwenang memperketat pengawasan di darat, terowongan menjadi alternatif untuk menyelundupkan narkoba dalam jumlah besar. Sebagian narkoba yang diselundupkan adalah heroin, mariyuana dan berbagai obat-obatan terlarang lainnya. Lebih dari 70 terowongan ditemukan di wilayah perbatasan sejak Oktober 2008.

Sementara sejak 1990 lalu, total sudah 156 terowongan rahasia ditemukan di antara kedua wilayah perbatasan. Sebagian besar dari terowongan ini dilaporkan belum rampung secara keseluruhan.

Penemuan terowongan rahasia ini terjadi setelah pihak kepolisian menangkap seorang pria yang ditangkap dengan narkoba metamfetamin seberat 17,6 kilogram.(faj)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...