Peledak 300 Kilogram Ditemukan di Perbatasan Irlandia

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah mobil van yang bermuatan 300 kilogram peledak ditemukan oleh aparat berwenang, di perbatasan Kota Newry, Irlandia Utara, yang terletak di perbatasan dengan Republik Irlandia, Sabtu (28/4/2012).

Menurut Kepala Inspektur Polisi, Alasdair Robinson, peledak produksi rumahan itu terdiri dari dua komponen terpisah, yang masing-masing memiliki berat 125 kilogram. Keduanya diletakkan di dalam tong berwarna biru, dan terhubung dengan detonator.

"Bila meledak dapat mengakibatkan daya rusak yang besar dan korban jiwa yang banyak," ujarnya seperti dikutip dari CNN, Minggu (29/4/2012).

Peledak itu menurutnya memiliki daya rusak yang sangat besar. Dia memperkirakan, dapat menjangkau hingga 100 meter dimana peledak itu ditemukan.

"Ini adalah perangkat yang sangat signifikan. Untuk meletakkannya dalam perspektif, siapa pun dalam jarak 50 meter dari perangkat ini akan terbunuh dan siapa saja dalam radius 100 meter, terluka parah," katanya.

"Untuk itu, pihak berwenang segera menutup jalan yang menuju ke perbatasan beberapa menit setelah petugas menemukan kendaraan tersebut," katanya.

Robinson mengatakan masih terlalu dini untuk berspekulasi mengenai sasaran yang dituju dari peledak tersebut, namun ia menduga peledak itu dirakit oleh milisi IRA. (*/cnn/samuel febriyanto)
http://www.tribunnews.com/2012/04/29...tasan-irlandia

kandahar. 29 Apr, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...