Kota Beijing tetapkan Standar Baru WC Umum

Beijing tetapkan standar kebersihan toilet umum

[imagetag]
Toilet di sebuah hotel berbintang di Beijing yang dijaga kebersihannya secara teratur.

Pemerintah ibukota Beijing menetapkan standar kebersihan baru untuk toilet umum, antara lain tidak boleh dihinggapi lebih dari dua ekor lalat.

Peraturan baru yang diumumkan pemerintah kota itu juga mencakup tingkat bau dan pengosongan tempat sampah.

Toilet-toilet umum di tempat yang banyak dikunjungi wisatawan asing harus memenuhi peraturan baru tersebut walau tidak jelas sanksi yang dijatuhkan jika standar kebersihan gagal diterapkan.

Selain menyangkut kebersihan, juga ada persyaratan untuk memasang tanda petunjuk dalam bahasa Cina dan Inggris.

Peraturan baru yang juga dipajang di toilet-toilet umum tersebut mengharuskan bahwa kebersihan tidak boleh sampai menggangu fungsinya, seperti dilaporkan Beijing Times.

Beijing, dan kota-kota lain di Cina, dikenal dengan kondisi toilet umum yang tidak memadai walau di beberapa tempat, seperti restoran maupun hotel berbintang, kebersihan toilet dijaga secara teratur.

Diragukan penerapannya

[imagetag]
Ada keraguan standar kebersihan toilet yang baru akan bisa diterapkan.

Komisi Lingkungan Pemerintah Administratif Beijing menyebutkan dalam pernyataannya bahwa peraturan ditujukan untuk mencapai standarisasi pengelolaan di tempat-tempat umum seperti taman, stasiun kereta api, rumah sakit, maupun pusat pertokoan.

Seorang pejabat dari komisi yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada media setempat bahwa petunjuk dengan menggunakan lalat sebagai alat ukur dimaksudkan untuk memudahkan pengawasan.

Bagaimanapun muncul keraguan di sejumlah kalangan bahwa standar kebersihan itu akan bisa diwujudkan secara praktis.

Sebuah komentar di Beijing News mengatakan salah satu distrik di Beijing menerapkan peraturan yang serupa pada tahun 2008 ketika menjadi tuan rumah Olimpiade, namun kebersihan antara toilet yang satu dengan yang lain tetap saja tidak sama.

Ditambahkan bahwa yang lebih diperlukan adalah melakukan penyadaran kepada khalayak umum agar menggunakan toilet dengan lebih baik dan ikut menjaga kebersihannya.

=======================

wah, kalo bisa diterapin, gak bakalan ada bau pesing ke mana-mana :berbusa:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...