arzuki: Apa Pantas Pakai Rok Mini ke DPR

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Marzuki Alie mengakui untuk tata cara berpakaian seseorang memang tidak ada aturan perundangan yang mengaturnya. Namun hidup di Negara manapun ada norma-norma yang harus dijaga, baik norma agama maupun masyarakat.

"DPR sebagai lembaga terhormat, harusnya juga dihormati. Bagaimana kita mau menghormati DPR kalau orang yang beraktivitas di DPR menggunakan busana diluar kepantasan dan adat serta norma yang berlaku? Kita tidak membuat aturan pakaian harus yang mahal, yang kita minta hanya yang pantas," kata Marzuki Alie, Senin (12/3/2012).

Marzuki Alie mengatakan aturan mengenai tata cara berpakaian di Gedung DPR adalah satu satu bagian dari upaya DPR dalam memperbaiki citranya. Dirinya menegaskan tata cara yang dimaksudnya hanya dilihat dari aspek kepantasan, jadi tidak ada yang perlu diperdebatkan dalam hal ini karena jelasnya pengaturan seperti itu adalah hal yang biasa saja.

Menurutnya, aturan ini biasa saja, karena berpakian pun ada adabnya. DPR adalah lembaga terhormat maka sepantasnya juga menjaga kehormatan itu. Kalau ada yang mengatakan untuk apa mengurusi tata cara berpakian masih banyak hal lain yang lebih besar untuk dibenahi, Marzuki tidak mempermasalahkan.

"Tapi bagaimana kita mau membenahi persoalan yang lebih besar kalau sekedar aturan berpakaian saja diprotes? Kita tidak bisa membenahi yang besar dan meninggalkan urusan yang nampaknya sepele," ujar Marzuki.

Marzuki menjelaskan bahwa tata cara dan norma berpakian tidak hanya diatur dalam lembaga terhormat seperti DPR, namun juga lembaga-lembaga lainnya. Bahkan seperti beberapa restaurant saja mewajibkan tamunya menggunakan jas untuk bisa makan disana.

"Saya rasa di manapun ada norma termasuk berpakaian. Masak kita mau biarkan orang berpakaian tidak pantas masuk ke DPR? Tidak usah jauh-jauh, coba saja datang ke kelurahan dengan menggunakan celana pendek, pasti diminta berpakaian yang pantas kan," ujarnya.

Dirinya pun menegaskan tidak pernah mengeluarkan pernyataan dilarang menggunakan rok mini. "Saya tidak pernah mengatakan sekalipun dilarang pakai rok mini. Saya hanya mengatakan menggunakan pakaian yang pantas. Sekarang tanya saja, apa pantas menggunakan rok mini ke DPR?" tegasnya.

http://id.berita.yahoo.com/marzuki-a...124959574.html

apa pantas seorang anggota dewan korupsi?

rickyrukawa 13 Mar, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...