MEGAWATl RESTUl JOKOWl

[imagetag]
Quote:

PARTAI Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya resmi mengusung Joko Widodo menjadi bakal calon Gubernur DKI Jakarta, kemarin. Selain oleh PDIP, Wali Kota Solo yang akrab disapa Jokowi tersebut juga didukung Partai Gerindra.

Hari ini ialah batas akhir pendaftaran calon Gubernur DKI. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur bisa dimajukan jika didukung partai politik atau gabungan partai dengan jumlah kursi di DPRD minimal 15 kursi, sedangkan calon independen boleh mendaftar jika didukung 407.340 lewat kartu tanda penduduk.

PDIP memiliki 11 kursi di DPRD DKI. Karena itu, partai tersebut membutuhkan dukungan dari partai lain. Karena Gerindra memiliki enam kursi DPRD DKI, pengajuan Jokowi sudah memenuhi syarat.

Hingga kemarin, sudah tiga pasangan calon gubernur-wakil gubernur mendaftar ke KPU DKI Jakarta. Mereka ialah Faisal Basri-Biem Benjamin serta Hendardji Supandji-Riza Patria (keduanya calon independen), serta Alex Noerdin-Nono Sampono (diusung Golkar, PPP, dan PDS).

Partai Demokrat yang memiliki 32 kursi di DPRD DKI mengusung incumbent Fauzi Bowo. Namun, Demokrat baru memutuskan pendamping Foke, sapaan Fauzi Bowo, hari ini.

"Semoga Pak Fauzi Bowo segera mendapat pasangan yang terbaik," papar Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum saat memberikan pengarahan di depan elite Demokrat (termasuk Foke) di kediaman Ketua Dewan Pembina Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor, kemarin.

PKS yang juga bisa mencalonkan Gubernur DKI tanpa harus berkoalisi, karena punya 18 kursi, malah belum memutuskan siapa yang diusung. Sejauh ini ada tiga nama yang disebut-sebut, apakah untuk gubernur atau wakil gubernur, yakni Triwisaksana, Hidayat Nurwahid, bahkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Nama Jokowi diusulkan hampir seluruh kader PDIP Jakarta yang menggelar Rapat Koordinasi Daerah Khusus PDIP Jakarta, kemarin. "Koalisi baru akan memutuskan pendamping Jokowi dalam rapat besok pagi sebelum mendaftar ke KPUD DKI," kata Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo, kemarin.

Sejauh ini ada tiga nama yang disebut-sebut bakal dipilih untuk mendampingi Jokowi. Ketiga nama itu ialah Basuki Tjahya Purnama (anggota Komisi II DPR dari Fraksi Golkar), Boy Sadikin (putra mantan Gubernur DKI Ali Sadikin), dan Adang Ruchiatna (Wakil Ketua Fraksi PDIP di DPR).

Lampu hijau pengajuan nama Jokowi oleh PDIP dan Gerindra berawal ketika Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Kamis (15/3), di Kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta.

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyebutkan Prabowo menginginkan Jokowi untuk maju menjadi Gubernur Jakarta. Megawati pun merestui pengajuan nama Jokowi itu.

"Sekjen dan Ketua DPD PDIP Jakarta sudah memastikan Pak Jokowi. Itu berarti sudah sesuai dengan arahan Ibu Megawati," tandas Wakil Ketua DPD PDIP Prasetyo Edi Marsudi. (*/X-7)

http://www.mediaindonesia.com/read/2...Restui-Jokowi-
klo ane warga dki, ane juga bakal pilih dia :iloveindonesias

stewart24 19 Mar, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...