(Omdo)Hatta: Minyak US$ 120/Barel Semua Dana APBN Tersedot untuk Subsidi

Jakarta - Menko Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan pemerintah tak bertujuan merugikan masyarakat terkait kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Jika BBM tak dinaikan maka mayoritas dana APBN 2012 bakal tersedot hanya untuk subsidi BBM.

"Jadi tidak betul kalau dibilang merugikan masyarakat. Setiap kita mengambil kebijakan pastil lah untuk menyelamatkan perekonomian melindungi masyarakat kita yang lemah," ujarnya saat ditemui di rapat kerja Kementerian Perdagangan, Rabu (7/3/2012).

Menurut Hatta, kenaikan harga BBM tersebut tidak terelakkan karena tingginya harga minyak dunia yang jika dibiarkan akan terus menggerogoti anggaran subsidi dalam APBN. Hal ini yang justru dapat merugikan bangsa.

"Kalau kita membiarkan minyak sudah 120 dolar semua dana APBN kita tersedot untuk subsidi dan dinikmati oleh masyarakat yang mampu, maka kita sama saja tidak menyediakan dana yang cukup untuk pendidikan, membangun RS (rumah sakit), untuk KUR (Kredit Usaha Rakyat), irigasi pertanian, semua tersedot untuk subsidi minyak yang sudah mendekati 20 persen dari APBN kita," paparnya.

Lagipula, lanjut Hatta, selama ini kebanyakan subsidi energi tersebut dinikmati masyarakat yang tidak patut menerima subsidi.

"Jadi kalau kita tidak menyesuaikan maka perekonomian kita akan terkena dampak. Ingat yang ratusan triliun itu dinikmati bukan oleh masyarakat kita yang lemah tetapi yang relatif mampu dan sebagian besar habis di kendaraan roda empat," tegasnya.

Hatta menyatakan pemerintah akan memberikan kompensasi kepada masyarakat atas rencana kenaikan BBM ini.

"Tidak akan ada kenaikan BBM tanpa ada perlindungan kepada masyarakat yang miskin yang lemah dan industri kita yang terkena dampak. Lebih dari 18,5 juta atau 30 persen masyarakat kita yang terbawah diberikan perlindungan, agar tidak terkena dampak," pungkasnya.

[imagetag]

http://finance.detik.com/read/2012/0...bsidi?f9911023

(nia/hen)

Percaya gak 20% dana APBN lari ke subsiidi Minyak?
Ngomong Kayak kentut aja ini orang
tidak ada data+fakta ....Pembohongan yang nyata :fuck2:

[imagetag]

spongesbob 07 Mar, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...