Hiu Makan Hiu

Sydney, PelitaOnline – GAMBAR ikan hiu sedang menelan hiu lain dengan bulat-bulat telah disiarkan oleh National Geographic. Gambar tersebut berasal dari peneliti Australia's Research Council Center of Excellence for Coral Reef Studies, Daniella Ceccarelli.

Ceccarelli bekerjasama dengan peneliti lain David Williamson dalam melakukan 'sensus ikan' di perairan di lepas pantai Great Keppel Island, bagian dari Great Barrier Reef di Australia.

Peristiwa ikan hiu menelan ikan hiu lain secara utuh tersebut terjadi ketika Ceccarelli menduga ia melihat ikan hiu yang berkulit seperti kulit bambu sedang berkeliaran di dekat dasar samudra.

"Yang pertama yang saya lihat ialah ikan hiu bambu putih bening," kata Ceccarelli di dalam surat elektronik kepada National Geographic sebagaimana dikutip The Sideshow, baru-baru ini.

Namun saat Ceccarelli bergerak mendekat, ia melihat ikan hiu yang menyamarkan diri, Wobbegong, muncul dari tempat persembunyiannya dengan sebagian tubuh ikan hiu bambu berada di mulutnya.

"Jelas terlihat bahwa kepala ikan hiu bambu berada di dalam mulutnya," tegasnya sebagaimana dikutip Antara. "Ikan hiu bambu tersebut tak bergerak dan tentu sudah mati."

New Scientist menjelaskan bahwa Wobbegong, yang juga dikenal sebagai ikan hiu karpet, adalah pemangsa daging tanpa suara. Spesies tersebut menanti mangsanya lewat di dasar samudra.

"Tapi yang mengejutkan ialah tak lumrah bagi Wobbegong untuk melahap makanan yang sebesar itu," tulis Sideshow.

Seperti beberapa jenis ular, Wobbegong memiliki rahang yang bisa bergeser dan gigi yang menekuk ke dalam sehingga membantunya melahap mangsa yang sangat besar.

Walaupun Wobbegong bisa menggigit manusia, spesies tersebut tak biasa memburu ikan hiu lain. Tapi, perbuatannya lebih bersifat membela diri setelah Wobbegong sendiri diserang, biasanya karena tindakan tak sengaja.

Meskipun serangan oleh ikan hiu turun di AS tahun lalu, kematian akibat gigitan ikan hiu lebih dari dua kali lipat di seluruh dunia. Sebanyak 12 orang dilaporkan tewas dalam kejadian di AS. Namun Florida masih menempati posisi teratas di antara seluruh serangan hiu,11 dari 29 serangan yang dilaporkan terjadi di dalam wilayah Amerika Serikat.
sumber http://www.pelitaonline.com/read/ipt...hiu-makan-hiu/
koment TS
ini dia gambarnya
[imagetag]

taht4ternod4 20 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...