Waduh! RI Masuk 'Blacklist' Pencucian Uang

[imagetag]
108CSR.com - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengaku tidak khawatir terkait laporan Financial Action Task Force (FATF) yang menyebutkan Indonesia masuk daftar blacklistnegara yang tidak mempunyai standar pencucian uang.

Diakuinya, semenjak Indonesia di blacklist oleh FATF aliran modal asing selama satu minggu ini mulai bergeser dari Indonesia ke negara-negara lain di kawasan Asia "Meski demikian, saya yakin dana asing tersebut akan kembali lagi ke Indonesia. Dengan Investment Grade, investasi asing dapat lebih terjamin karena risiko investasi di Indonesia lebih rendah dibanding negara lain," kata Agus.

Agus meyakini aliran modal asing mereka dialihkan hanya jangka pendek dan masuk lagi. "Mereka akan menyadari ada kesempatan yang hilang. Jadi untuk itu kita harus terus bisa menjaga ekonomi kita, supaya bisa tumbuh sehat, kuat, dan berkesinambungan," jelasnya.

Agus juga berpendapat, hal ini merupakan salah satu bentuk transisi komposisi investasi yang terjadi setelah Indonesia mendapat gelar Investment Grade. "Saya yakini memang sedang ada transisi tipe investor yang ada di Indonesia," tegasnya optimis.

Pasca Investment Grade, menurut dia, Indonesia menurunkan imbal hasil obligasi yang diterbitkan. Sehingga return yang didapatkan investor secara otomatis berkurang. Namun dengan status Invesment Grade tersebut, risiko dan penawaran harga obligasi yang ditawarkan pemerintah lebih baik dibanding sebelumnya. Sehingga keluarnya arus modal asing ke negara-negara yang menawarkan imbal hasil yang lebih baik daripada Indonesia merupakan sesuatu hal yang wajar.

"Sebelumnya tipe investor di Indonesia mungkin punya harapan yield tertentu. Karena merasa melakukan investasi di negara yang statusnya belum Investment Grade itu bisa memberikan return yang baik. Setelah Indonesia dapat Investment Grade kan ada koreksi, pricing, risiko, akibatnya ada investasi yang harus melakukan adjustment tentang investment-nya, itu sesuatu yang normal," tambah Agus. (ary/int)

Sumber :http://www.108csr.com/home/news.php?id=7777

hati2mas 21 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...