FBI Gagalkan Bom Bunuh Diri di Capitol AS, Pria Maroko Ditahan

Washington, Satuan anti teror FBI berhasil menggagalkan serangan bunuh diri di gedung Capitol atau gedung Kongres Amerika Serikat. Aksi bom bunuh diri itu tadinya akan dilakukan oleh seorang imigran Maroko.

Amine El Khalifi saat ini dalam tahanan federal setelah mencoba melakukan serangan bom bunuh diri di Capitol. Pria berumur 29 tahun itu ditangkap FBI beberapa blok dari gedung Capitol saat akan meledakkan bom yang disembunyikan dalam rompi yang dipakainya.

Imigran Maroko tersebut selama ini telah berada dalam pengawasan FBI. Pria yang tinggal secara ilegal di negara bagian Virginia, AS itu telah diawasi dari jarak dekat dan dengan seksama selama berminggu-minggu sebelum akhirnya ditangkap.

"Amine El Khalifi mencoba meledakkan dirinya di Gedung Capitol AS," kata Jaksa AS Neil MacBride dalam statemen seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (18/2/2012).

"El Khalifi diduga yakin bahwa dirinya bekerja sama dengan Al-Qaeda dan merancang sendiri plot, target dan metodenya," demikian disampaikan.

Menurut dokumen persidangan, Khalifi menghadiri sebuah pertemuan di Arlington, Virginia pada Januari 2011. Dalam pertemuan itu juga terdapat seorang sumber rahasia yang melaporkan ke FBI bahwa Khalifi ingin bergabung dalam upaya melancarkan serangan teroris di wilayah AS.

Disebutkan pula bahwa Khalifi "mencoba berhubungan dengan sebuah kelompok ekstrem". Kemudian pada 1 Desember 2011, Khalifi dikenalkan dengan seorang pria bernama "Yusuf" yang sebenarnya adalah seorang agen FBI yang menyamar.

Dari komunikasi dengan "Yusuf" inilah terungkap bahwa Khalifi awalnya sempat mempertimbangkan sejumlah target serangannya yang mencakup kantor militer AS, sinagog dan restoran yang kerap didatangi pejabat militer AS. Namun akhirnya pria itu memutuskan bahwa targetnya adalah gedung Capitol AS.

http://news.detik..com/read/2012/02/...itahan?9922022

bunuh diri ini sudah menjadi ajaran di kurikulum kah?

pisang..ijo 19 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...