PSSI Ostrali & Adelaide FC Kompak Mingkem Kasus Pemain Ilegal Pas Lawan Persipura

Sumber - Federasi Sepak Bola Australia (FFA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) belum memutuskan apakah penampilan pemain Adelaide United Cassio Oliveira saat bertemu Persipura, Kamis lalu, dikategorikan sah atau tidak. Sampai saat ini pihak AFC masih mendalaminya dan belum mengeluarkan keputusan apapun terkait kasus pemain ilegal ini.

Pimpinan Adelaide, Greg Griffin, seperti dilansir Adelaidenow.com.au yakin kasus ini tidak akan berlanjut. Meski demikian, FFA sampai saat ini belum berani mengeluarkan pernyataan resmi mengenai status Oliveira. Namun, mereka berjanji akan memperjuangkan Adelaide agar tidak tersingkir dari Liga Champions Asia (LCA) 2012.

"FFA menyadari situasi ini. Meski demikian, pandangan pertama masalah ini muncul secara tidak jelas," kata juru bicara FFA. "Kami akan terus membantu memastikan keikutsertaan mereka di Liga Champions Asia (LCA) 2012," lanjut Juru Bicara FFA lagi.

Adelaide terancam kehilangan hak untuk tampil di penyisihan LCA 2012 karena menurunkan Oliveira saat bertemu Persipura di babak play off 16 Februari lalu. Dalam duel ini, Adelaide menang 3-0 dan berhak bergabung dengan grup E pada babak penyisihan nanti.

Masalah kemudian timbul karena Cassio ternyata masih harus menjalani larangan satu kali tampil pada kompetisi resmi AFC setelah menerima kartu merah pada laga terakhir Adelaide United di LCA 2010. Hukuman Oliveira bahkan masih terekam di situs AFC.

Akibat kejadian ini, Persipura berpeluang menang WO (3-0) dan lolos ke babak penyisihan grup menggantikan Adelaide. Namun, Persipura masih menunggu keputusan final Court of Arbitration for Sport bulan depan. Sebelumnya CAS memenangkan Persipura lewat keputusan sela sehingga bisa tampil di babak play off LCA 2012.

Bagian legal AFC sedang menyelidiki kasus Oliveira. Namun, sampai saat ini, AFC belum juga mengeluarkan keputusan apakah Oliveira seharusnya dijatuhi hukuman.

Menurut laporan Adelaidenow.com.au, pengawas menyatakan semua pemain bisa tampil termasuk Oliveira. Saat technical meeting yang digelar di Stadion Hindmarsh sehari sebelum laga Adelaide vs Persipura juga tidak ada protes dari tim yang akan bertanding.

Sementara itu, Ketua Komite Sepak Bola Indonesia (KPSI), Tony Apriliani, mengatakan bahwa Persipura sebenarnya telah mengajukan protes kepada pengawas pertandingan. Mereka mempertanyakan masuknya Oliveira pada pertandingan lawan Adelaide. Tony mengaku mengetahui hal ini karena ikut mendampingi Persipura saat itu.

"Persipura mensinyalir Adelaide menurunkan pemain tidak sah dan pihak manajer sudah protes kepada pengawas pertandingan," ujar Tony kepada wartawan, Selasa, 21 Februari 2012. Persipura sendiri berniat mengirimkan surat kepada AFC terkait kasus Oliveira.



Heran dari kasus Sapi ozzie hobi betul nipu indonesia :bingungs
FFA lagi wani piro ke AFC makanya keputusannya lama turun
:D

basir88 22 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...